Rabu, 25 April 2018

Kamis, 12 April 2018 - STMIK STIE Asia Malang kedatangan tamu yang sangat spesial, yaitu Bapak Kurniawan Muhammad selaku Direktur dari Jawa Pos dan Radar Malang. Bapak Kurniawan Muhammad berasal dari Jombang, 45 tahun yang lalu dan masih menuntut ilmu S3 di Malang yang mana menuntut ilmu adalah nomor satu untuk beliau. Karir pertama pada tahun 1997 menjabat sebagai wartawan Jawa Pos, hingga sampai saat ini Beliau diberikan kepercayaan untuk menjadi Direktur Jawa Pos. Beliau dahulu sering bercita-cita ingin sekali pergi ke luar negri, namun sejak Beliau sering di tugaskan di berbagai belahan dunia, beliau mendapat gratis jalan-jalan sambil bekerja.

   
Banyak nilai yang dapat diambil dari berjalan-jalan di luar negeri, salah satunya inspirasi dan pelajaran yang dapat kita ambil untuk kita tularkan ketika pulang ke tanah air. Bapak Dahlan Iskhan merupakan pencetus sekaligus arsitek dari balik Jawa Pos dan Radar Malang hingga saat ini menjadi koran yang paling banyak di baca di Indonesia. Beda Jawa Pos dan Radar Malang dengan koran lain adalah memberikan informasi sesuai dengan kota itu sendiri. Misalnya : kita berada di Malang, nama koran berita adalah Radar Malang. Hal tersebut merupakan trik tersendiri yang merupakan keunggulan dari surat kabar itu sendiri.
     Bisnis utama Jawa Pos adalah media cetak. Koran pernah menjadi issue media yang akan sekarat, namun issue tersebut tidak valid. Karena menurut Wanipra (Organisasi Wartawan) di Asia pembaca koran tumbuh, yaitu Jepang, India, dan salah satunya Indonesia. Yang membuat koran itu mati bukan karena online, televisi, maupun radio tetapi tidak mampu beradaptasi.
Koran Pernah diramalkan akan mati pada abad ke-19 saat ditemukannya Radio. Ketika Televisi ditemukan, para analis mengatakan bahwa koran dan radio akan mati. Bahkan saat ini internet juga telah populer dan digunakan dikalangan masyarakat luas terutama dikalangan anak muda. Tetapi herannya Koran & Radio masih belum saja mati. Bahkan saat ini stasiun Radiio malah bertambah banyak. Hal ini dikarenakan eksistensi sebuah perusahaan koran dan Radio memiliki 1 hal yang tidak dimiliki oleh media internet, yaitu koran dengan kebenaran beritanya. Karena berita yang mereka sajikan adalah kerja keras dari para wartawan yang langsung mendatangi narasumber tanpa ada kebohongan dalam membawa berita.
Dan juga ada Radio yang memiliki berita-berita update tentang kondisi jalan raya. Ini juga menarik minat masyarakat untuk terus mengakses berita terkini tentang jalan raya yang rentan terhadap kemacetan. Yang tentunya tidak terdapat di televisi maupun media internet. Ditambah anak muda jaman sekarang ada yang menyukai gaya vintage atau 90.an yang pastinya tidak ingin meninggalkan barang yang dianggap kuno ini.
      Empat fungsi bisnis yang sempat dibahas :
1. Produksi ( layout dan konten yang menarik, informatif, adaptif )
2. Pemasaran ( Target pembaca? )
3. Personalia 
4. Keuangan ( omzet, laba, dan cashflow)

Karakter yang harus dimiliki oleh setiap manusia :

- Harus merasa haus dan lapar, dalam artian haus dan lapar seputar ilmu pengetahuan dan wawasan.


##businesspractice4 #bp4 #stmikasia #kampuskeren #malang

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

renny wahyu. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews

Pages