Selasa, 29 Mei 2018





Sukses, setiap orang pasti sangatlah menginginkan kesuksesan. Ntah dari segi bisnis, sekolah atau apapun itu. berikut ini beberapa arti sukses menurut para ahli. Sukses adalah keinginan untuk menjalani hidup anda sesuai dengan keinginan anda, melakukan apa yang ingin anda nikmati, dikelilingi keluarga teman dan orang yang anda hormati (Brian Tracy). Sukses adalah realisasi progresif dari ideal anda yang bernilai (Earl Nightingale). Namun menurut pemilik usaha sendiri Sukses adalah keberhasilan seseorang untuk menggapai cita-citanya serta keberhasilan pemilik usaha untuk mempertahankan dan mengembangkan usaha meski memiliki banyak saingan.




Untuk kali ini dari kelompok saya mengunjungi salah satu usaha yang berada di Kota Malang. Yakni, nama usahanya UD ARIZA. UD ARIZA adalah salah satu usaha yang berjenis Retail yang menjual bahan-bahan konveksi. Seperti benang, jarum, spons, dan masih banyak yang lainnya. Untuk berdirinya sendiri sekitar ± 22 tahun yang lalu atau sekitar tahun 1996. Alamatnya sendiri berada di Jl.Kebalen Wetan No.216, Kota Lama, Malang


Awal berdirinya usaha ini berawal dari pemilik yang bekerja atau menjadi pegawai disalah satu toko. Kemudian setelah hampir 5-10 tahun bekerja pemilik memutuskan untuk keluar dari pekerjaan tersebut dan mulai untuk membuka usaha sendiri dengan cara menawarkan barang-barang dari konveksi satu ke konveksi yang lain. Untuk menawarkan barang tak semudah yang dibayangkan, butuh perjuangan ekstra dikarenakan pada masa itu banyak konveksi yang masih belum percaya tentang kualitas & kuantitas dari bahan yang dijual. Tak sedikit pula mendapatkan penolakan dari tempat-tempat yang didatangi, bukan hanya penolakan bahkan cacian. Namun, tak gentar untuk menawarkan dan terus menawarkan barangnya. Hingga akhirnya setelah hampir 3 tahun dilakukan dengan cara tersebut dan sudah mendapatkan kepercayaan dari konsumennya kemudian pemilik menyewa ruko. Ruko tersebut masih berdiri sampai saat ini. Selain itu pemilik harus rela meninggalkan orang tuanya yang berada di kampung halaman sendiri.

Ketika usaha hampir berkembang, pemilik menjadi salah satu dari korban penipuan dengan modus barang akan dikirim setelah ditransfer uang, namun setelah ditunggu-tunggu barang pun tak kunjung datang. Selain pemilik ditipu dari segi pemasok, pemilik pun pernah ditipu dari salah satu konsumen, yaitu konsumen sudah memesan barang dalam jumlah yang banyak, namun setelah barang disiapkan dan hendak dikirim tetapi di-cancel dari pihak konsumennya. Selain itu, ada juga pelanggan yang berhutang dalam jumlah yang besar dan setelah jatuh tempo untuk membayar, pelanggan tersebut kabur. Itulah beberapa cerita pahit yang dialami pemilik usaha dalam mengembangkan usahanya.

Selain cerita pahit yang dialami pemilik dalam mengembangkan usaha adapula cerita manisnya yakni ketika pemilik mengalami kerugian yang sangatlah besar pemilik mendapatkan donasi dari seseorang.

Untuk prinsip yang digunakan sendiri tidak jauh berbeda dari toko-toko yang lain, yakni tetap mengutamakan senyum, kepuasan konsumen adalah yang utama, berdangang dengan jujur, pembeli adalah raja dan tekun dalam bekerja.

      


   
 

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

renny wahyu. Diberdayakan oleh Blogger.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Total Pageviews

Pages